Kapolres Anambas: Antusias Masyarakat Menjadi Anggota Polri Meningkat 150 Persen
Reporter : MELAYUNEWS.COM 24 Apr 2024, 14:14:57 WIB ANAMBAS
Kapolres Anambas: Antusias Masyarakat Menjadi Anggota Polri Meningkat 150 Persen

Keterangan Gambar : Kapolres Kepulauan Anambas, AKBP Apri Fajar Hermanto, S.I.K saat diwawancarai awak media, Rabu(24/4/2024).


MELAYUNEWS.COM, ANAMBAS - Sebanyak 73 calon anggota Polri Tahun Anggaran 2024 mengikuti Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) di Ruang Lobi Polres Kepulauan Anambas pada Rabu, 24 April 2024.

Selain pemeriksaan administrasi, terlihat juga para peserta menjalani pengukuran tinggi badan dan berat badan yang bertujuan untuk memastikan para peserta memenuhi standard kesehatan yang telah ditetapkan oleh Polri.

Kegiatan Rikmin awal ini melibatkan Disdukcapil, Disdikpora, Dinkes, Pengawas Internal dan Pengawas Eksternal.

Kapolres Kepulauan Anambas, AKBP Apri Fajar Hermanto, S.I.K mengatakan bahwa untuk tahun 2024 ini, pertama kalinya proses rekrutmen dan pelaksanaan tes calon anggota Polri dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Hal itu adalah wujud dari upaya Kapolda Kepri demi meningkatkan minat masyarakat khususnya putra dan putri daerah menjadi anggota Polri.

"Ini hasil dari upaya Bapak Kapolda Kepri untuk meningkatkan penerimaan dari masyarakat ataupun adik-adik kita di Wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas untuk berminat menjadi anggota Polri," ucap Kapolres saat diwawancarai.

Kapolres menyampaikan bahwa saat ini tahapan yang dilakukan adalah Rikmin terhadap pendaftar calon anggota Polri Tahun Anggaran 2024.

"Saat ini tahapannya adalah Rikmin terhadap peserta calon anggota Polri tahun anggaran 2024," ucap Kapolres saat diwawancarai di Depan Ruang Lobi Polres Kepulauan Anambas.

Kapolres juga menjelaskan bahwa ada sebanyak 73 peserta yang mendaftar untuk mengikuti proses pendaftaran calon anggota Polri ini dengan kuota yang nantinya akan ditetapkan oleh Polda Kepri.

73 peserta tersebut terbagi menjadi lima bagian, diantaranya Taruna Akpol sebanyak 1 orang, Bintara Rekpro sebanyak 39 orang, Bintara PTU sebanyak 31 orang, Tamtama sebanyak 1 orang dan Kehumasan sebanyak 1 orang.

"Untuk kuota nanti itu dari Polda. Kita hanya melaksanakan pemeriksaan administrasi, yang berikutnya untuk rangkaian seleksi itu dari Polda yang akan turun ke Anambas," jelas Kapolres.

Menurutnya, antusias dan animo dari para pendaftar tersebut terlihat bagus dan meningkat 150 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

"Bagus, bagus, dibandingkan dengan tahun lalu, ini cukup naik hampir 150 persen," ujar Kapolres.

Untuk itu, Kapolres pun menghimbau kepada peserta maupun panitia agar menjalankan proses penerimaan calon anggota Polri ini sesuai dengan aturan penerimaan yang berlaku.

"Kepada seluruh peserta calon anggota Polri tidak ada yang melakukan upaya-upaya memberikan janji atau menerima janji, baik kami yang dari panitia juga termasuk dari casis sendiri, baik dari keluarga-keluarga untuk melakukan hal-hal di luar aturan penerimaan," himbau Kapolres.

Kapolres juga menegaskan, apabila ditemukan ada panitia ataupun peserta yang melanggar aturan terhadap penerimaan anggota Polri ini akan dilakukan tindak tegas.

"Jadi jangan ada yang berupaya, karena kita tekankan tadi kalau kita temukan mungkin peserta ataupun panitia ada yang melanggar, untuk pesertanya kita diskualifikasi dan panitianya akan kita proses sesuai ketentuan yang berlaku," tegas Kapolres.(Johanda) 




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook

;