Giat Pelayanan Anak, Dispusipda Anambas Berikan Edukasi Kembangkan Kreativitas Anak
Reporter : MELAYUNEWS.COM 09 Mar 2024, 13:04:37 WIB ANAMBAS
Giat Pelayanan Anak, Dispusipda Anambas Berikan Edukasi Kembangkan Kreativitas Anak

Keterangan Gambar : Kepala Dispusipda Kabupaten Kepulauan Anambas, Rusmanda Azmurani, Saat Diwawancarai di Ruang Kerjanya, Jumat (08/03/2024).


MELAYUNEWS.COM, ANAMBAS - Layanan anak yang rutin dilaksanakan setiap malam minggu oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusipda) Kabupaten Kepulauan Anambas akan tutup untuk sementara waktu selama bulan suci Ramadhan.

Kepala Dispusipda Kabupaten Kepulauan Anambas, Rusmanda Azmurani mengatakan, layanan anak ini ditutup selama bulan suci Ramadhan agar anak lebih fokus untuk melaksanakan ibadah dan mengisi kegiatan di masjid ataupun musholla.

"Jadi selama bulan Ramadhan, pelayanan anak di malam minggu itu tidak kita adakan atau tutup sementara waktu, setelah bulan Ramadhan kita akan buka lagi seperti biasa," ucap Rusmanda saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jumat (08/03/2024).

Namun, untuk layanan anak di pagi hingga sore hari akan tetap buka sesuai dengan jam kerja kantor yakni mulai dari pukul 08.00 sampai 15.00 WIB.

"Jadi selama bulan Ramadhan ini kita ada pengurangan jam kerja selama satu jam, makanya untuk layanan anak pada jam kerja kantor itu kita buka sampai jam 3 sore saja," ujarnya.

Mengingat selama bulan Ramadhan layanan anak yang dilaksanakan setiap malam minggu itu akan tutup, Rusmanda pun ingin memberikan sesuatu yang berbeda dari malam minggu sebelumnya.

Ia menyampaikan bahwa, pada Sabtu (09/03/2024) malam, Dispusipda akan memberikan hadiah ataupun bingkisan untuk setiap anak yang datang ke perpustakaan.

"Karena kegiatan ini sudah lama berlangsung, menjelang bulan Ramadhan ini kita ingin mengadakan sesuatu yang berbeda dari malam minggu sebelumnya. Kita akan memberikan hadiah ataupun bingkisan kepada setiap anak yang datang ke perpustakaan," ungkapnya.

Untuk itu, Rusmanda berharap sekaligus menghimbau kepada masyarakat khususnya para orang tua untuk dapat memanfaatkan layanan anak ini dengan sebaiknya demi mengembangkan kreativitas anak.

Sehingga anak setiap harinya tidak hanya memegang handphone dan bermain game.

"Kami dari Dispusipda Anambas menghimbau kepada para orang tua untuk dapat memanfaatkan layanan anak ini dalam rangka mengembangkan kreativitas anak," pungkasnya.

Sementara itu, Pustakawan Ahli Pertama Dispusipda Kabupaten Kepulauan Anambas, Roy Martin Siahaan memaparkan bahwa, layanan anak tersebut merupakan tempat bermain edukasi anak ataupun ramah anak yang dilaksanakan dengan tujuan untuk menarik simpati anak-anak dalam mengisi waktu luangnya.

Roy menjelaskan, dalam pelaksanaan layanan anak tersebut, seperti biasa pihaknya akan membuat kuis-kuis berhadiah yang disesuaikan dengan kemampuan anak-anak dalam studinya, misalnya perkalian, wawasan kebangsaan dan ilmu-ilmu lainnya.

"Berhubung menyambut bulan suci Ramadhan, kita akan berikan hadiah lainnya, kalau sebelumnya kan seperti pensil, kotak pensil, penggaris, pena dan lain-lain. Nah kali ini kita akan berikan tambahan berupa balon, bingkisan Snack dan lain sebagainya," jelasnya.

Diharapkan dengan kegiatan layanan anak ini, dapat menarik simpati anak-anak untuk mengisi waktu luangnya ke hal-hal yang lebih positif, menambah tingkat kreativitas anak, menumbuhkan ilmu serta wawasan yang luas kepada anak sejak dini.(Johanda). 




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook

;