Wabup Wan Zuhendra: Pendidikan Faktor Penting Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat
Reporter : MELAYUNEWS.COM 26 Nov 2023, 16:16:15 WIB ANAMBAS
Wabup Wan Zuhendra: Pendidikan Faktor Penting Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Keterangan Gambar : Malam Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Tahun 2023 di Gedung BPMS Tarempa, pada Sabtu, 25 November 2023.


MELAYUNEWS.COM, ANAMBAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Anambas melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kepulauan Anambas menggelar Malam Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Tahun 2023 di Gedung BPMS Tarempa, pada Sabtu, 25 November 2023.

Pelaksanaan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2023 ini, mengusung tema "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar".

Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, dalam sambutannya mengatakan bahwa, pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam mengukur keberhasilan pembangunan suatu daerah.

Artinya, pembangunan di tingkat pendidikan merupakan faktor penting yang harus dicapai, sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Kepulauan Anambas.

Wan Zuhendra juga menjelaskan bahwa, komitmen pembangunan di tingkat pendidikan tidak hanya dalam rangka infrastruktur semata, akan tetapi kualitas pendidikan dan perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) juga harus diutamakan.

"Hal ini merupakan wujud dari cita-cita perjuangan pembentukan Kabupaten Kepulauan Anambas yaitu berkeinginan untuk mensejahterakan masyarakat, oleh karena itu, faktor pendidikan menjadi hal yang penting dalam mewujudkan kesejahteraan itu," ungkap Wan Zuhendra.

Wan Zuhendra juga meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kepulauan Anambas untuk berkoordinasi dengan Kepala Perangkat Daerah terkait pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

"Untuk mencapai pendidikan yang lebih baik dengan nilai yang terbilang sempurna, kerjasama antara stakeholder sangat diperlukan agar mencapai hasil yang maksimal dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di Kabupaten Kepulauan Anambas," pinta Wan Zuhendra.

Ia juga berharap, dengan kerjasama yang baik, penerapan kurikulum merdeka belajar bisa dijalankan semaksimal mungkin sehingga Kabupaten Kepulauan Anambas masuk dalam kategori penghargaan spesial satu kabupaten yang menerapkan kurikulum merdeka belajar.

"Harapan kita bersama, penerapan merdeka belajar mampu kita terapkan di seluruh aturan pendidikan yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas," Harap Wan Zuhendra.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kepulauan Anambas, Tony Karnain, menyampaikan bahwa malam apresiasi ini dilaksanakan di setiap momen hari pendidikan dalam hal ini hari guru, untuk menghargai perjuangan para guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka guna memacu dan memotivasi para guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui kurikulum merdeka.

"Malam apresiasi ini kita laksanakan untuk menghargai perjuangan para guru-guru kita yang selama ini sudah berjuang sangat keras terutama di kurikulum merdeka sehingga setiap capaian dan progres itukan terpantau terus melalui dashboard kementerian dan BPMP, sehingga malam hari ini kita kasih penghargaan kepada mereka yang paling bagus progres-progresnya," kata Tony Karnain.

Dipaparkannya, ada lebih dari 20 kategori penghargaan yang akan diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Dalam pelaksanaan kurikulum merdeka ini, lanjutnya, sudah hampir semua sekolah yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas melaksanakannya.

"Memang kurikulum merdeka tidak dipaksakan oleh pemerintah, merupakan opsi saja, namun kita di Anambas kalau untuk SMP sudah 100% semua melaksanakan kurikulum ini," sebut Tony Karnain.

Untuk SD, terusnya, ada satu sekolah yang belum melaksanakan kurikulum merdeka, untuk TK/PAUD ada sekitar 30 lebih yang belum melaksanakan, namun walaupun belum dilaksanakan mereka sudah berprogres sama seperti kurikulum merdeka dan itu tampak di dashboard kemeterian terkait progres pembelajaran gurunya.

Malam apresiasi ini diharapkan dapat memacu motivasi pendidik dan tenaga kependidikan di Kabupaten Kepulauan Anambas agar bekerja keras dalam meningkatkan mutu pendidikan.(Johanda) 




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook

;